Januari 25, 2010

Untuk Kiper….

Ditulis dalam Milan pada 12:41 am oleh persadaarihta

Penjaga Gawang Futsal Dalam permainan futsal, kiper atau penjaga gawang mempunyai peran yang sangat besar sekali. Serangan dan bertahan dimulai dari penjaga gawang, dengan distribusi bola melalui lemparan dan tendangan ke arah pemain lainnya sebuah serangan dapat diawali, begitu juga dalam bertahan, melalui komandonya pertahanan yang rapi dapat dilakukan. Dalam futsal penjaga gawang memiliki kualitas yang sama dengan pemain di lapangan. Seringkali Penjaga gawang futsal menggunakan kakinya ketika memulai atau mengambil bagian dalam suatu serangan. Suatu saat dia menggunakan keterampilan-keterampilan yang berbeda dan memerlukan latihan khusus teknik penjaga gawang. Penjaga gawang memainkan satu peran yang unik dan penampilannya sangat penting di lapangan dalam memenangkan permainan. Karakteristik utama penjaga gawang adalah spiritual, mental dan fisik. Seorang Penjaga gawang membutuhkah :

Kecepatan reaksiarakteristik utama penjaga gawang adalah spiritual, mental dan fisik. Seorang Penjaga gawang membutuhkah :
1. Keberanian 4. Kecepatan reaksi 7. Kekuatan
2. Konsentrasi 5. Kelenturan 8. Power
3. Kepercayaan diri 6. Keseimbangan
Keseimbangan Seorang penjaga gawang futsal membutuhkan kekuatan, kecepatan, kelincahan, dan tentunya reaksi dalam menjalankan tugasnya. Disamping itu pula diperlukan sikap mental yang kuat serta disiplin yang tinggi. Tingginya frekuensi berhadapan dengan lawan maupun berbenturan dengan bola membuat kemungkinan lawan untuk membuat atau menciptakan gol menjadi tinggi pula, maka tugas seorang penjaga gawang adalah bagaiman memperkecil kesempatan lawan membuat sebuah gol dengan teknik dan taktik yang benar yaitu dengan cara menangkap, blok, tendang bola serta penempatan posisi yang prima.

Pendeknya jarak, kecilnya area permainan dan kecepatan bola bergulir membuat seorang penjaga gawang harus cepat pula dalam mengambil keputusan, apakah dengan menangkap, blocking, tendang.

i. Persiapan Sebelum memulai latihan, penting sekali bagi seorang penjaga gawang untuk memperhatikan kelengkapan latihannya, pakaian, sarung tangan, pelindung tulang kering (shin guard) pelindung lutut (knee guard), pelindung siku (elbow guard) harus ada. Buatlah seorang penjaga gawang senyaman mungkin dengan kelengkapan tersebut, dengan perlengkapan yang terpenuhi maka seorang penjaga gawang dapat melakukan latihan dengan baik.

ii. Pemanasan Latihan yang benar harus diawali dengan pemanasan yang baik dan sempurna, pemanasan dapat dilakukan bersama-sama dengan pemain lain maupun dipimpin langsung oleh pelatih penjaga gawang. Gerakan-gerakan senam diikuti oleh peregangan yang cukup. Lakukanlah semuanya dengan secermat mungkin, perlu diingat bahwa resiko kemungkinan cedera yang dihadapi penjaga gawang futsal sangat tinggi.

iii. Menangkap Bola Latihan ini dapat diberikan dengan melempar dan menendang bola ke arah penjaga gawang yang berdiri dibawah gawang dari berbagai sudut, penjaga gawang pun dapat menerima bola dalam keadaan berdiri, duduk maupun tiduran. Posisi tangan, dan kaki harus benar dan dalam posisi yang kuat, banyak cara dan gaya latihan ini. Hal ini memang tidak sering terjadi, tetapi itu bisa saja terjadi, terutama setelah bola telah kehilangan awal kekuatan atau daya ketika menghantam pemain lain. Ini juga memungkinkan ketika tembakan lemah atau penjaga gawang mempunyai tangan yang sangat kuat. Menangkap bola dengan lebih baik, akan memberikan fasilitas yang cepat dalam mendistribusi dalam mendukung permainan.

Sebuah tim dengan penjaga gawang yang mampu untuk menangkap bola memmiliki satu keuntungan strategi dalam melakukan counter-attack. Terdapat dua jenis dasar menangkap bola:

1. “W” atau tangkapan bola atas “W” atau tangkapan sekeliling adalah digunakan pada saat bola berada diatas pinggang. Tangan seluruhnya mengelilingi bola, dengan ibu jari dan jari jemari membentuk huruf “W” di belakang bola. Tangan, terutama ibu jari harus di belakang bola; jika tidak penjaga gawang akan membiarkan bola melewati tangan dan tercipta gol. Gambar 12 Gerakan tangan pada saat menangkap bola atas yang membentuk huruf W

2. Tangkapan bola bawah Untuk bola di bawah pinggang, tangkapan basket atau bola bawah yang digunakan. Tangan berada di belakang bola, waktu tangan turun jari jemari juga turun secara bersamaan. Perlu dikritisi lagi bahwa kedua tangan berada di belakang bola.

Gambar 13 Gerakan tangan pada saat menangkap bola bawah Teknik menangkap : 1. Teknik menangkap bola bawah Penjaga gawang menggunakan teknik ini pada saat bola bergulir cepat mendatar di areanya. Penjaga gawang harus bergerak maju kedepan mendatangi bola sehingga badan berada diantara bola dan gawang. Dalam posisi ini dia menjulurkan tangan dan memastikan kedua tangan memeluk secara bersamaan untuk mencegah bola lolos di tengah-tengah kaki penjaga gawang.

Gambar 14 Gerakan menangkap bola bawah Pelaksanaan teknik menangkap bola bawah – dari posisi berdiri,tempatkan badan diantara bola dan gawang – buka kaki selebar bahu – bungkukkan badan dengan telapak tangan terbuka – pada saat bola mengenai tangan, kemudian kaki kanan atau kiri ditekuk, karena apabila bola tidak tertangkap kaki yang ditekuk mengantisipasinya

2. Teknik menangkap bola atas Teknik ini digunakan pada saat bola yang datang diatas pinggang. Pada saat lawan melakukan tendangan penjaga gawang bergerak ke depan untuk memeluk bola. Bola ditangkap dengan menjulurkan kedua lengan secara bersamaan lalu memeluknya. Gambar 15 Gerakan menangkap bola di atas Pelaksanaan menangkap memeluk bola – tempatkan badan diantara bola dan gawang – buka kaki selebar bahu – bungkukkan tubuh kedepan dengan lengan lurus kedepan dan lengan bawah paralel – lengan digulung sebelum saat bola pertama kali kontak dengan telapak tangan – tarik badan seperti bola menabrak bantal – pastikan bola diantara lengan dan dada

3. Teknik menangkap merobohkan tubuh Dengan ruang terbatas, permukaan lapangan yang keras dan jarak lawan yang dekat dalam menembak tidak memungkinkan penjaga gawang untuk meluncur seperti penjaga gawang dalam olahraga sepak bola. Sebagai ganti menangkap bola di udara, penjaga gawang futsal menggunakan teknik “merobohkan tubuh yang meliputi merobohkan kaki disaat menggagalkan bola yang jatuh disisi samping tubuh. Pada saat itu tidak ada tenaga (energi) yang keluar ketika meluncur. Gambar 16 Gerakan merobohkan tubuh Teknik ini digunakan pada saat bola yang datang disamping tubuh penjaga gawang dan memungkinkan dia merobohkan keseluruhan tubuh di samping bola dengan posisi tangkapan yang baik dan cepat menangkap bola. Penjaga gawang harus menggunakan kecepatan kaki ke arah posisi meluncur, melangkah ke sisi bola, maju pada satu sudut dan menggunakan otot pergelangan kaki yang terdekat dengan bola mengendalikan kearah bola. Gunakan kedua tangan untuk menangkap bola, sebaiknya gunakan tangkapan W. iv. Blok Seluruh anggota badan penjaga gawang futsal dapat digunakan untuk blocking ini, dalam sebuah pertandingan 75% tugas penjaga gawang futsal adalah melakukan blocking. Latihan untuk mendapatkan blocking yang baik dapat dilakukan melempar dan menendang bola ke arah gawang dari berbagai sudut. Dibutuhkan keberanian yang tinggi dan perhitungan sudut yang cermat untuk menutup setiap sudut tendangan. Latihan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara.

Didalam Futsal kebanyakan tembakan keras ke arah gawang dan pada jarak yang dekat, benar-benar sangat sulit untuk penjaga gawang untuk menangkap bola. Biasanya, satu-satunya pilihannya yaitu harus membelokkan atau memblok bola yang datang menyilang atau di area penjaga gawang dengan menggunakan tangan, badan, kaki atau apapun bagian dari badan.

Gambar 17 Gerakan dasar blok Sementara itu penting sekali mengunakan teknik yang benar, memblok jauh lebih penting dari pada menghentikan atau menangkap bola agar tidak masuk ke gawang. Jika sudut tembakan kecil (ditembak adalah dari sisi samping), satu gerakan dari badan, kaki atau tangan akan cukup untuk membelokkan bola menjauh dari gawangl. Jika tembakan berasal dari depan penjaga gawang harus bergerak dengan cepat membuka tangan dan kaki untuk membatasi sudut tembakan. Jika tembakan keras, penjaga gawang jangan mencoba untuk menangkap bola tetapi hanya untuk mengarahkan bola ke lantai di depan tubuh dan tidak ke arah lain karena kondisinya memungkinkan lawan berada dalam posisi yang dekat. Dengan segera setelah memblok bola dan menangkapnya penjaga gawang bisa memulai suatu serangan dengan cepat. Gambar 18 Gerakan blok bawah Blok Bawah : – posisi badan berdiri tegak dengan posisi kaki di buka selebar bahu – posisi kedua tangan dibuka lebar – kepala tegak dan pandangan kearah bola – pada saat bola datang dari arah bawah maka kaki dengan cepat bereaksi terhadap bola dengan menggerakkan kaki untuk menghalau bola – untuk menggunakan tangan kadang terlambat karena bola yang datang sangat cepat – bola di blok menjauhi daerah gawang.ditepis ke atas, kanan dan kiri Gambar 19 Gerakan blok atas Blok Atas, Kanan Dan Kiri : – posisi badan berdiri tegak dengan posisi kaki dibuka selebar bahu – posisi kedua tangan dibuka lebar – kepala tegak dan pandangan kearah bola – pada saat bola datang dengan cepat tangan bereaksi terhadap bola dengan cara menggerakkan tangan menghalau bola – bola diblok menjauhi daerah gawang (atas,kanan atau kiri). Bola di blok dengan satu atau dua tangan

v. Melempar Bola Lemparan Sebuah lemparan yang baik sangat menentukan dalam permainan futsal. Secepat setelah menangkap bola penjaga gawang bertanggung jawab berinisiatif melakukan serangan dengan cara mengirimkan bola ke rekan se-tim yang berada didekatnya, kecuali jika ada rekan se-tim dalam satu posisi mencetak angka atau gol, maka melakukan lemparan jauh atau menendang merupakan pengambilan resiko berharga. Menyeimbangkan posisi, membebaskan tim dari tekanan dan mampu untuk melihat posisi semua rekan se-tim adalah tugas penjaga gawang karena dalam posisi yang menguntungkan untuk memutuskan gerakan yang terbaik. Pada umumnya lemparan penjaga gawang harus cepat, tajam dan di atas permukaan lapangan, walaupun teknik lain mungkin juga sangat efektif. Lemparan yang baik akan menentukan berhasil atau tidaknya sebuah serangan. Penjaga gawang harus tahu serangan apa yang akan dimulai, kalau counter attack maka bola haruslan tajam dan tepat dikaki pemain depan. Lembaran bola seperti parabola dapat juga dilakukan, tergantung bagaimana posisi pemain depan. Ingat! pemparan penjaga gawang harus 100% harus berhasil karena kalau tidak berhasil maka lemparan tersebut dapat menjadi awal dari serangan lawan. Berikut ini gambar dari beberapa lemparan yang harus dimiliki oleh penjaga gawang. 1. Melempar bola bawah Gambar 20 Gerakan Melempar bawah Pelaksanaan : – tentukan target dengan arah bahu – letakan bola ditelapak tangan – buka langkah menuju target dengan kaki berlawanan dengan lengan yang melempar – lepas bola dipermukaan lantai seperti gerakan melempar boling – kepala tetap tegak dengan pandangan fokus ke target – gunakan gerakan (follow through) secara halus pada lengan yang melempar 2. Lemparan Lembing Gambar 21 Gerakan lemparan lembing Pelaksanaan : – tentukan target dengan arah bahu – letakan bola ditelapak tangan disamping kepala dengan jari jemari sedikit melampaui bola untuk menahan agar tinggi seperti jalan peluru – buka langkah menuju target dengan kaki berlawanan dengan tangan yang melempar – membengkokkan lutut yang berlawanan dan bergerak ke posisi lemparan – lepas bola dipermukaan lantai seperti gerakan melempar lembing – kepala tetap tegak dengan pandangan fokus ke target – gunakan gerakan (follow through) secara halus pada lengan yang melempar 3. Lemparan Menyamping Gambar 22 Gerakan lemparan menyamping Pelaksanaan : – sudut tubuh lurus dengan sasaran – letakkan bola ditelapak tangan dengan posisi bahu dan siku tegak – posisi langkah terhadap sasaran adalah berlawanan dengan tangan yang akan melempar – lakukan gerakan melempar lurus seperti pesawat yang akan turun atau mendarat – lepaskan bola setinggi pinggang – putar pergelangan tangan pada saat bola di lepas – lakukan spin atau putaran bola 4. Lemparan Atas Gambar 23 Gerakan Lemparan Atas (Overhand Throw) Pelaksanaan : – tempatkan bola dijari dan telapak tangan dengan lengan lurus kebelakang – tangan yang melempar lurus di belakang badan, dengan sudut badan mengarah kearah sasaran – tanagan yang berlawananlurus kearah sasaran – lengkungkan tubuh atas bagian belakang dengan tumpuan pada pinggang – usahakan kepala tetap tegak – tetap lanjutkan gerakan setelah melempar dengan kaki yang paling belakang berada di depan vi. Menendang 1. Tendangan kaki bagian dalam Tendangan kaki bagian dalam merupakan cara yang paling mudah, paling akurat dan tendangan handal. Tendangan yang bisa digunakan dimanapun, baik bola stasioner atau ketika bola ditendang kembali ke penjaga gawang untuk menyokong sebagai seorang pemain kelima. Penjaga gawang harus memposisikan diri agar bisa menerima umpan dari pemain tidak disalahkan. Jika pemain dijaga ketat, penjaga gawang tidak harus mengumpan pemain tersebut. Jika mereka tidak bergerak untuk melepaskan diri dari penjagaan lawan maka penjaga gawang harus langsung mengumpan ke pemain yang posisinya lebih baik. Penjaga gawang harus mengumpan bola ke kaki pemain dengan jalan bola mendatar atau tidak ada memantul. Penjaga gawang harus memperhatikan sisi berlawanan lapangan ketika bola datang karena kemungkinan lawan akan lebih sedikit berada di daerah tersebut sehingka penjaga gawang bisa mengumpah ke arah tersebut. Sama dengan pemain depan, passing penjaga gawang futsal haruslah sempurna. Latihan ini dapat dilakukan bersamaan dengan latihan teknik dasar pemain. Gambar 24 Gerakan Mengumpan Pelaksanaan : · Tempatkan kaki tumpu disamping bola, bukan kaki yang untuk mengumpan. · Pada saat mengumpan selalu lihat bola. · Gunakan kaki bagian dalam untuk mengumpan. · Perhatikan kaki ayun (kaki yang akan digunakan untuk mengumpan). · Ayun kaki dari arah belakang sekuat-kuatnya ke arah depan. · Angkat kedua tangan kesamping, untuk menjaga keseimbangan. · Kunci atau kuatkan tumit pada saat sentuhan dengan bola agar lebih kuat. · Pada saat sentuhan (impact) kaki bagian dalam dari atas di arahkan ke tengah bola (jantung) dan di tekan ke bawah agar bola tidak melambung. · Diteruskan dengan gerakan lanjutan (follow throught), dimana setelah sentuhan dengan bola dalam mengumpan ayunan kaki jangan dihentikan. 2. Tendangan Voli Tendangan voli merupakan cara paling cepat dan tepat untuk mengirimkan bola ke rekan se-tim ketika melakukan serangan balik, dalam posisi membuat gol. Bagaimanapun, jika jalan bola melambung tinggi berarti kemungkinannya 50-50 bola dapat diterima pemain. Gambar 25 Gerakan Tendangan Voli Pelaksanaan : – Luruskan lengan dan pegang bola di telapak tangan berlawanan dengan kaki yang menendang – Bahu dan dagu mengarah ke target dan kepala tegak dengan pandangan ke bola – Melangkah kedepan dengan kaki yang tidak menendang – Luruskan dan perhatikan posisi kaki yang menendang – Tempatkan kaki bagian punggung di tengah bola – Gunakan gerakan lanjutan dengan lengkap Berlari pendek kearah depan (sekitar 2-3 langkah) kunci engkel kaki ketika menendang dibantu dengan kaki tumpu pada saat menendang. Jatuhkan bola, bola jangan diputar dan tendang, lalu lakukan gerak lanjutan dan mendarat dengan kaki yang menendang. Tendangan harus lurus, secara langsung sejajar dengan target dan tidak harus memutarkan tubuh. 3. Taktik Penjaga gawang Dalam permainan futsal, berbagai macam pergerakan lawan ataupun team sendiri dapat terjadi dengan cepat, kiper harus bisa membaca pergerakan tersebut untuk menutup sudut–sudut gawang dari ancaman. Situasi yang sering terjadi adalah: i. Shooting (tendangan ke gawang) Untuk menghadapi situasi dimana lawan mempunyai peluang untuk melakukan tendangan ke gawang, penjaga gawang diharuskan berdiri 1-2 meter dari garis gawang, tidak tertutup lebih dari jarak tersebut untuk menutup sudut tendangan, semakin kecil sudut yang ditutup semakin besar peluang untuk dapat menghentikan bola dengan menangkap atau memblok. Perhatikan posisi berdiri, pastikan kuda-kuda kaki dan posisi tangan dalam keadaan benar. Ingat, ancaman bagi penjaga gawang futsal dimulai ketika bola berada dalam penguasaan lawan untuk itu seorang penjaga gawang harus terus mengikuti jalan bola dengan konsentrasi tinggi. ii. One to One (satu lawan satu) Kondisi dimana penjaga gawang berhadapan satu lawan satu dengan pemain lawan akan sering terjadi, dengan penempatan posisi yang benar akan mebuat kemungkinan tidak terjadinya gol akan sangat besar. Menghadapi situasi seperti ini, penjaga gawang maju menutup gerakan lawan, apabila bola dalam penguasaan kaki lawan maka penjaga gawang dilarang melakukan sliding karena ini akan memudahkan lawan untuk melakukan tipuan, yang benar adalah maju menutup dan menahan sejenak dengan posisi menghadang, dalam konsisi ini lawan hanya mempinyai dua opsi, 1. Menendang bola dan ini akan membentur badan penjaga gawang, 2. Mengoper kembali bola ke rekannya yang bergerak. Saat bola lepas inilah penjaga gawang melakukan sliding/menjatukan badannya untuk menjangkau bola. Lakukanlah latihan-latihan tersebut berulang dengan variasi-variasi yang membuat latihan berjalan dengan penuh antusias, tidak membosankan. Berikanlah kata-kata penyemangat seperti ‘ok’, bagus’, dsb, ini akan mebuat kiper akan lebih bersemangat dalam bekerja. Hentikan latihan apabila terjadi kesalahan dan beritahu dimana letak kesalahan itu dan segera perbaiki. Ingat, penjaga gawang yang baik adalah penjaga gawang yang mampu meminimalisir kesalahan karena sedikit saja melakukan kesalahaan gawang anda dalam bahaya. iii. Taking part as a court player (mengambil bagian sebagai seorang pemain) Memposisikan diri agar bisa menerima umpan balik, penjaga gawang bisa mengambil bagian dalam menyerang sebagai sebuah poros dan pada kenyataannya beberapa tim ketika berhadapan dengan situasi “nothing to lose” situasi dimana menggunakan penjaga gawang mereka sebagai seorang pemain kelima, dengan begitu bisa memanfaatkan semua kesulitan yang ada. Ini adalah alasan mengapa penjaga gawang perlu untuk memiliki teknik menguasai bola dengan kaki mereka dan mempunyai kepercayaan diri dalam menguasai bola dengan kaki dan berlatih keterampilan seperti seorang pemain

64 Komentar »

  1. jimmi berkata,

    thanks atas tekniknya mudah mudahan bermanfaat

  2. na.imm berkata,

    thank .jimmi smoga qm! mn@ng

    • na.imm berkata,

      thankkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  3. inecsdaf berkata,

    tgrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  4. thyo berkata,

    trimakasih…..
    akan saya coba nnti d pertandingan..

  5. Rheez berkata,

    Kurang dengan gmbarnya……….

  6. persadaarihta berkata,

    ^^
    Aduh ko baru ngeh yah kalo gambar nya ga keluar…
    thanks atas kritikannya… nanti dicoba uplaod gbrnya lagi kalo bisa…

  7. hermandhes berkata,

    trimaksh ats tknik-tkniknya, sya akn brusha utk mmplarinya dengan baik.. thanks,,

  8. danz berkata,

    siipP lahh…

  9. to2 berkata,

    thaks,,, tapi gambar posisinya ga ada

  10. tomy berkata,

    mkseh..q agak tau..coz q sering membuat kesalahan klo jdi penjaga gawang

    • persadaarihta berkata,

      sama2….

  11. Bonsai 19 berkata,

    Sippp………….
    tp nanti tolong ada gmbar or vidio kiper futsal & penyelamatan terbaek_y yups

  12. renaldi berkata,

    gambarnya harus di tampilkan…..
    sebagaimana yang telah tertera di teori tadi

    • persadaarihta berkata,

      Maap bro, gbrnya dah ilang..
      :p

  13. banxdjams berkata,

    weshh, , ,

    mantaph, , ,

  14. kobayakawa sena berkata,

    tips2nya bgus wlapun ga da gmbar tpi lain kli psng gmbarnya klau bsa thanks ya…

  15. Ramdan berkata,

    thanxs each,,ntar au cba d”prtndingan mnggu dpan……………..

  16. gilang berkata,

    thanks atas saran nya

  17. indra berkata,

    bagaimana cara agar kiper bisa menangkap bola lambung saat korner kick

    • persadaarihta berkata,

      kalo untuk futsal posisi kiper selalu di tiang dekat untuk menjaga agar tidak di shoot langsung. Itu tehnik dasar, tapi kalo untuk menangkap bola saat korner kick dilihat situasi dan kondisi dulu. jika memungkinkan langsung ditangkap juga ga masalah. intinya kiper dalam futsal itu berbeda dengan kiper di lapangan biasa, kiper bukan untuk menangkap (jika bisa) tapi agar bola tidak masuk kegawang, jadi tidak perlu terbang-terbang seperti di lapangan biasa (gawangnya juga kecilkan) :P

      • deas saputra berkata,

        tapi bagaimana kalau kiper sudah berhadapan dengan pemain musuh,,
        kita harus bagaimana?

      • persadaarihta berkata,

        prinsip kiper adalah agar tidak kemasukan bola…
        jika sudah berhadapan dengan musuh, hal yang bisa dilakukan adalah menutup ruang tembak musuh. Sehingga ruang yang dimiliki dapat ditutup oleh kiper…
        IMO dan CMIIW

  18. entiqka berkata,

    teknik yang cukup bagus… makasih banget ya,,,,

  19. cris berkata,

    gambarnya di tampilkan juga biar lebih mengerti…

  20. mifta berkata,

    Sebenarnya aku tuh mau ikut putsal tapi qku jg mau main catur jdi gmn…………………………….catur atau putsal

    • persadaarihta berkata,

      silahkan disesuaikan dengan hobi dan kesenangan…
      prinsipnya jangan sampai ada paksaan… :)

  21. yasa berkata,

    haduuhh kalo ada gambar lebih mantep tuh

  22. Fajar berkata,

    ksh contoh gambar, caralatihan nya ath
    ??
    krim ya?

  23. Aby cacilas berkata,

    thnk’s saya puas dengan thenik yg sudah d berikan secara materi bagi saya saya yakin bisa mengikuti thenik yg d berikan di atas

  24. ogi berkata,

    saya kesulitan kalo datang musuh menysuri pinggir lapangan,,apalagi kalo tendangan kera dan kepojok atas,,
    posisi penjaga gawang harus gimana?

    • persadaarihta berkata,

      dalam menghadapi musuh dari pinggir lapangan, kiper biasanya menutup pergerakan dengan merapat dengan tiang gawang. sehingga ruang gerak dan ruang tembak menjadi sempit.

  25. dypta berkata,

    sallut bwt pnulis…
    artikel yg baik n ckup mmbngun..
    smoga dpt brmanfaat bgi yg mmbcany n dpt dterapkan d perrmainan…
    dtnggu artikelny yg laen..
    thx..
    Gbu

  26. rezha berkata,

    tahanks atas tekniknya yah .,.,.., ( ” _ ” )

  27. Ilham berkata,

    mksih atas sarannya
    nti saya akan mncoba d pertandingan hari ini

  28. aziz berkata,

    gmn cara.a spaya kita tda takut ama bola. trus gmn cra.a supaya mempunyai replex yang tinngi?

    • persadaarihta berkata,

      Perbanyak latihan gan, Practices makes Perfect.
      Bahasa Indonesianya, ala bisa karena terbiasa. Selamat berlatih.

  29. dian berkata,

    ok…thanx….aku akan coba

    dan aku akan beralih posisi dari striker menjadi keeper….

    thanx…….

  30. aji berkata,

    thanks banget sob infonya sangat berguna….

    boleh request g… q minta gambar dan keterangannya bagaimana cara melatih teknik dan cara melatih fisik seorang kiper… kirim ke e-mail q y sob… thanks…..

  31. fendi berkata,

    kalo penalti gmna yaa cara.a supaya gag kebobolan? Tiap penalti sllu kebobolan trus saya :D

  32. trims tekhniknya, tapi kayaknya harus di perlengkap lagi nih,

    ane kalo tendangan sudut suka kebobolan, nah cara nanganin itu gimana ya ?? hahaha tapi kalo di tendangan central bisa di atasi kok, bnykin latihan kali ya .. pkoknya trims ya atas tipsnya

  33. agus riyadh berkata,

    thank’s atas tip’snya…

  34. bakti berkata,

    waduh syng gbr ya ngga ada….tlng dilengkapin ya thanks

  35. Nico berkata,

    eh kk
    aku mau tanya gimana cara menangin 1 on 1 kalau jadi kiper…
    soalnya aku lemah di bola bawah n 1 on 1
    …..

    • persadaarihta berkata,

      hmm… pertanyaan yang menarik memenangi 1 on 1.
      sebelumnya kita lihat inti dari pertanyaan ini, maksudnya bagaimana agar tidak kalah jika berhadapan dengan musuh 1 on 1. inti dari kiper dalam futsal adalah mencegah bola agar tidak masuk ke dalam gawang. Ingat!!! Mencegah bukan berarti harus memenangi, tetap saja pada posisi kiper dalam menutup ruang sehingga musuh tidak mempunyai ruang yang banyak dalam melepaskan bola. Selain dari itu ada di pengalaman, banyaklah berlatih, insyallah akan meningkatkan intuisi anda sebagai kiper…

  36. adnan berkata,

    mas gimana klo hadapi penalty,saya hanya kesulitan di situ

    • persadaarihta berkata,

      bro, penalty itu 99% harusnya masuk dan faktor mentalitas sangat berperan besar, jadi tidak perlu dipikirkan terlalu banyak. Yang terpenting menurut saya adalah faktor mental. Biasanya Kiper terlalu cepat bergerak sehingga bola dapat masuk dengan mudah. Bergeraklah setelah bola ditendang tentu saja hal tersebut akan ditentukan oleh refleks dan intuisi seorang kiper. Perbanyak latihan akan meningkatkan refleks dan intuisi sebagai kiper. Memang mudah secara teori tapi sulit jika dipraktekkan, oleh karena itu tetap berlatih.

  37. Nyumat berkata,

    bro, gue selalu kesulitan kalo head to head dengan lawan yang jago gocek. gimana cara untuk meminimalisir agar tidak kebobolan ??

    • persadaarihta berkata,

      tutup ruang yang dimiliki musuh sehingga kesempatannya kecil untuk membuat gol.

  38. stya berkata,

    gmna cara berlatihnya agar terhindar dari kolong

    • persadaarihta berkata,

      rajin-rajinlah berlatih, dan bisasakan untuk menutup kaki lebih rapat dalam one on one. Latihan akan membuat reflek dan intuisi lebih baik.

  39. persadaarihta berkata,

    ente pernah liat timnas futsal main ga? pernah liat LFN ga? berapa persen kiper futsal “terbang”?
    jelas2 ente ga punya pengalaman, jangan asal ngomong aja. “temen” ente suruh banyak2 buka youtube dah, belajar dari situ…

  40. Raditt Raddicall berkata,

    mana nee gambar teknik nya

  41. ishan berkata,

    thnks atas saranya …….tapi sayang gak ada gambrnya………

  42. vito berkata,

    terima kasi teepatan ternyata telah kusadari kiper itu juga butuh kecepatan terima kasi atas petunjuk nya

  43. danan kiper kita berkata,

    kci y kk sarannya

  44. galang berkata,

    makasih atas ilmux,,,,,,,

  45. iker fanilas berkata,

    Trimakasih atas tehniknya

  46. sofyan berkata,

    thanks for your tips

  47. One berkata,

    O.k
    thx atas sarannya, cm kekurangannya di gambar, jika hanya membayangkan doank, kyknya agak sulit. Pertanyaan gw : bagaimana car mengantisipasi lawan dr samping, karena jika gw g’ maju, resiko cidera brtambah, karena dkt dgn tiang gawang, kalo maju, kemungkina lawan akan mengoper ke tmn yg ad di tngah/ disisi brlawan dgnnya, shingga jarak jangkau gw ke bola jd jauh, bagaiman cara mengantisipasinya, apakah dgn tetap di samping gawang or maju sdkit ??
    mohon penjelasannya.

    • persadaarihta berkata,

      Mohon maaf file dah lama banget kehapus gan, jadi sampe sekarang ga bisa masukin gbrnya. Intinya agan, harus menutup ruang yg dimiliki musuh. Jika memang tetep disamping atau dengan maju sedikit akan menutup ruang dari musuh, itulah yang sebaiknya dilakukan, dilihat juga situasi kondisi yang ada saat itu. Naluri kiper pasti akan terasah jika terus dilatih dengan skema yg agan utarakan diatas. Tentang teman lawan yang ada di tengah atau disisi berlawanan ada baiknya kiper mengetahui posisi dimana lawan-lawanya berada, sehingga dapat menebak arah bola jika dioper oleh lawan.

  48. Ayah Fajril berkata,

    Terima kasih atas ilmunya,,,,, untuk latihan ketajaman mata ada gak yach,,,,,? supaya bisa melihat jelas bola ketika kencang.

    • persadaarihta berkata,

      Sering latihan di shooting aja gan, nanti juga terbiasa dengan kecepatan bolanya.

  49. HILMAN berkata,

    terima kasih,,,,untuk taktik nyaa mudah mudahhan aku menjadi kiper msa depann
    MEngganti Joe Hart
    aKu D’tess Sama Tendangan Di Kanpung aKU yG pALIng Kenceng Aku Mash Bzaa Tangkapppp :D


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: