Desember 8, 2009

Hati2 saat patah hati

Posted in Puisi pada 1:33 am oleh persadaarihta

So, hati-hati bila patah hati. Manusia sejatinya dapat hidup lebih baik setelah dia mengalami patah hati. Jadi patah hati itu perlu. Patah hati bila tidak dikelola dengan baik, memang bisa berakibat fatal. Tentu tidak mudah mengatasinya.

Ada banyak cara untuk mengatasi sakit hati. Intinya, jangan membiarkan rasa sakit hinggap berlama-lama. Perbanyaklah kegiatan sosial. Kegiatan yang dapat membantu dan meringankan beban orang lain. Penelitian membuktikan, bahwa menolong orang lain mendatangkan perasaan bahagia.

Apa saja? Banyak. Menjadi anggota bakti sosial, panitia keagamaan, atau kegiatan lainnya yang berguna. Tekuni kembali hobi lama Anda, carilah kegemaran baru. Pada kesempatan ini, mungkin Anda masih menutup diri terhadap kemungkinan berkenalan dengan orang-orang baru. Tidak ada yang terlalu cepat untuk bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru, meskipun hubungan Anda dengan kekasih baru berakhir beberapa hari. Anda dapat juga membaca buku, majalah, atau putarlah film yang dapat menggugah inspirasi Anda. Kunjungilah sahabat atau keluarga terdekat bila perasaan kesepian menghinggap sangat.

Lakukan hal-hal yang menyenangkan, bermain tebak- tebakan, kartu, atau ceritakan hal-hal yang ringan dan lucu. Sejatinya, cobaan seberat apapun, termasuk patah hati, akan membuat seseorang menjadi lebih kokoh, kuat dan lebih mengerti akan arti kehidupan. Anggap saja kegagalan cinta hanya sebuah riak kecil di lautan. Anggap saja sebagai ajang latihan, karena kita tidak pernah tahu akan kehidupan yang terjadi di hari esok. Boleh jadi di masa nanti, cobaan yang datang jauh lebih hebat. Tapi kita sudah siap menghadapinya. Bila lebih enteng, tentu kita bisa lebih rileks menghadapinya.

Violeta Parra, musisi asal Chile pernah melontar kata-kata indah tentang hati yang remuk. “Saat matahari terbenam, tidak perlulah menangis, sebab air mata yang menggenang akan menghalangi kita melihat bintang-bintang yang datang kemudian.” Hmm, it’s so sweet. Begitu indah. (101108) Sumber: Hati-Hati Saat Patah Hati oleh Sonny Wibisono, penulis, tinggal di Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: