November 26, 2009

kepingin hati

Posted in Puisi pada 6:44 am oleh persadaarihta

Ketika manusia diciptakan, Tuhan mempunyai rencana indah. Hati yang ditaruh dalam diri kita tidak lengkap. Ada yang hanya separuh, ada yang sepertiganya saja, tapi ada juga yang nyaris penuh. Sisanya yang lain, justru sengaja dibuat berkeping-keping dan ditaruh dalam diri manusia yang lainnya.

Baru setelah itulah, kita manusia dikirim ke muka bumi. Inilah awal dari tugas kita yakni mencari dan mendapatkan kembali kepingan hatinya justru melalui hubungan dan perhatiannya kepada orang lain. Mereka yang terobsesi mencari pada dirinya saja akan sia-sia. Tetapi, inilah yang menarik, melalui cinta dan perhatian kita pada orang lainlah, maka hati kita yang tadinya berkeping-keping, akhirnya menjadi utuh kembali. Yang membuat penasaran, kita tidak pernah tahu siapa yang menyimpan kepingan hati kita.

Kita hanya bisa mencoba dan berusaha. Tetapi, kita juga harus ingat bahwa kita pun menyimpan kepingan-kepingan hati orang lain, yang harus kita berikan kepada orang yang layak mendapatkannya. Inilah bagian dari seni mencintai bagi kita manusia di dunia.

PERTAMA Cinta adalah sesuatu yang wajar, mendalam, menyentuh relung hati yang paling dalam, rasional serta membutuhkan komitmen panjang. Cinta adalah sesuatu yang harus diperjuangkan demi orang yang dicintainya. Jika tidak ada pengorbanan dan tidak mau berjuang untuk meraih cintanya, itu bukan cinta.

KEDUA, cinta adalah proses yang aktif. Mereka yang sehat hubungannya dengan pasangannya aktif memberi dan membagikan kasih sayangnya. Cinta adalah suatu ketrampilan yang sangat penting untuk dipelajari. Saatnya kita belajar juga seni mencintai dan belajar secara aktif memberikan kasih dan cinta kita kepada orang-orang sekeliling kita, maka kitapun akan mendapatkannya dalam bentuk balasan berkali-kali lipat.

KETIGA, cinta bukanlah bisnis. Banyak orang mencintai dengan harapan akan mendapat balasan tertentu. Akibatnya, saat tidak mendapatkan apa yang diharapkan, orang menjadi mudah kecewa. Begitu pula, ada beberapa orang yang melakukan tuntutan atas nama cinta. Misalnya kalau kamu mencintai, kamu pasti mau begini atau begitu. Ini adalah bentuk manipulasi cinta dan ini bukanlah cinta tetapi sebuah transaksi. Dalam cinta yang sesungguhnya, kita tidak dapat hitung-hitungan. Bahkan ada banyak kisah dimana justru jika dihitung-hitung secara bisnis, cinta ini merugikan. Tapi cinta yang tanpa pamrih adalah kebahagiaan, dan inilah yang tak dapat terukur atau tidak dapat diukur dengan uang.

KEEMPAT, Cinta adalah nyaman, hangat dan aman. Jika ada cinta, disitu ada akan terpancar kehangatan, kedamaian dan kenyamanan dari dasar hati. Tidak ada rasa khawatir dan cemas. Hati terasa gembira dan sentosa sehingga menghasilkan toksin yang menyehatkan tubuh. Sehingga, cinta tidak hanya memberikan kenyamanan dan rasa aman tetapi juga memberikan kesehatan, kesembuhan dan pemulihan pada tubuh.

KELIMA, Cinta adalah penuh pengampunan. Jika cinta, ia akan mengampuni dan melupakan apa yang telah terjadi di belakang. Cinta tidak mengingat – ingat kesalahan maupun mengungkit – ungkit masa kelam. Cinta hanya memandang kedepan penuh dengan harapan. Cinta juga akan menghapus, melupakan dan melepaskan cacat, cela, hina dan malu di masa lalu. Cinta memberi dan menerima segala sesuatu. Cinta juga mengharapkan dan memberi harapan serta cinta itu tak akan pernah lelah mencintai..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: